banner
News > ANU College of Law

ANU College of Law


Siapa bilang mahasiswa Indonesia tidak dapat mengambil jurusan hukum di Australia? Walaupun, secara garis besar terdapat perbedaan sistem hukum yang dianut oleh Indonesia dan Australia.  Indonesia menerapkan hukum yang diadaptasi dari hukum Eropa Kontinental (Civil Law) sedangkan Australia menggunakan sistem Common Law yang dibawa oleh Inggris. Ternyata ilmu hukum sendiri merupakan bidang yang cukup luas, banyak hal yang dapat dipelajari dan tentunya dapat diterapkan di dunia Internasional.

Sebagai ibu kota negara Australia, Canberra merupakan salah satu teritorial yang paling lekat dengan pemerintahan, undang-undang dan parlemen.  Mahasiswa yang bersekolah di  Canberra dengan mudah dapat memiliki akses untuk belajar dan mengamati secara langsung bagaimana hukum diperdebatkan, dijalankan dan ditegakkan.

Di tingkat sarjana, ANU memililki program Bachelor of Laws (Honours) bagi para mahasiswa lokal maupun internasional . Bagi mahasiswa Internasional termasuk Indonesia, yang tertarik pada bidang hukum dapat mengambil jurusan Bachelor of Laws (Honours). Program yang memiliki reputasi kelas dunia, ranking no 15 di dunia (QS World University Rankings by Subject 2016-2017)    memiliki durasi empat tahun. Berbeda dengan jurusan lainnya yang tidak mengharuskan mahasiswa mengambil program honours, fakultas hukum ANU mengharuskan setiap siswanya untuk memiliki gelar honurs agar memiliki kemampuan yang mumpuni dalam riset, analisa dan berfikir kritis. Hal ini tentunya merupakan dasar yang baik untuk melanjutkan ke jenjang Master.

Dalam ANU LLB (Honours) mahasiswa akan belajar tidak hanya mengenai hukum di Australia, namun juga hukum yang bersifat internasional seperti International Law, Environmental Law, dan Hak Asasi Manusia. Reputasi ANU sebagai pelopor law reform dan Social Justice, menghasilkan sebuah efek positif terhadap kehidupan baik individu maupun komunitas didalam maupun di luar Australia.

Mahasiswa Internasional juga dapat memanfaatkan kesempatan Flexible Double Degree yang ditawarkan oleh ANU. Mahasiswa dapat mengkombinasikan LLB (Honours) dengan lebih dari 35 disiplin ilmu. Dengan mengambil program ini, berarti peluang lebih besar untuk karier yang cerah di masa depan.

Bagi mahasiswa pasca sarjana terutama mahasiswa Internasional , ANU College of Law menawarkan gelar di bidang Master of Laws (LLM).  Pilihan program yang cukup fleksibel bagi siswa internasional, memungkinkan mahasiswa untuk memilih lebih dari 80 mata kuliah. Hal ini dirancang agar para siswa internasional dapat memilih apakah mereka ingin mendalami hukum  secara general  atau memfokuskan diri pada kombinasi tertentu yang berhubungan dengan hukum.

Beberapa bidang yang ditawarkan oleh ANU Master of Laws antara lain Environment Law, Government and Regulation, International Law, International Security Law, Governance and Development, dan Migration Law.
ANU sendiri menduduki ranking yang tertinggi dalam Graduate Employability* diantara universitas lain di Australia. Baik lulusan LLB ataupun LLM memiliki kesempatan untuk berkarier di berbagai bidang, seperti penasehat hukum, wartawan, diplomat, pemerintahan, bisnis, keuangan dan masih banyak lagi.

Setelah menjadi salah satu lulusan ANU School of Law, mahasiswa dapat bergabung dengan jaringan alumni yang prestisius dan dikenal oleh lebih dari 17,000 professional baik di Australia maupun seluruh dunia.


*Ranked first in Australia for graduate employability (Emerging Global Employability Survey 2015)

OUR PARTNERS
Central Equity
Uni Bridge
CIMB NIAGA
QANTAS
UniNetwork International
British Council Indonesia Foundation
Education USA
Canadian Education International
Study in Australia
Study in Australia
New Zealand Education
Nuffic Nesso Indonesia