banner
News > Student Profile College of Asia & the Pacific - Arya Budi

Student Profile College of Asia & the Pacific - Arya Budi

Arya Budi adalah salah satu mahasiswa Indonesia yang mengambil jurusan Master of Asia Pacific Studies di ANU . Arya, yang sebelumnya menjadi researcher di sebuah institut kajian politik, memulai studinya di Universitas yang tergabung dalam Group of Eight ini pada 2015. Banyak pakar ternama di bidang  sosial politik , melanjutkan studinya ANU, salah satunya adalah Burhanuddin Muhtadi, seorang pengamat politik dan akademisi kenamaan di Indonesia. Selain itu, beberpa nama dalam  pemerintahan yang lalu  juga datang dari alumni ANU seperti Chatib Basri, Marty Natalegawa dan Marie Elka Pangestu. Hal ini semakin membuat  Arya mantap mengambil ANU sebagai universitas pilihannya.

Sebagai seorang mahasiswa internasional, Arya mendapatka n banyak pengalaman baru, salah satunya adalah cara belajar mengajar di kampus yang berbeda dengan di Indonesia. Setelah dua jam proses belajar mengajar, bisanya dosen melakukan sesi tanya jawab. Ada juga kelas tutorial, yang suasananya lebih interaktif antara mahasiswa dan dosen. Dosen-dosen di ANU juga sangat mudah ditemui dan terbuka dengan setiap diskusi, mereka memposisikan diri sederajat dengan mahasiswa, tidak ada kesan senioritas ataupun menggurui.  

Fasilitas modern di kampus ANU juga memungkinkan para mahasiswa untuk mengakses materi perkuliahan secara online. Semua bahan-bahan perkuliahan telah disediakan secara online oleh kampus, agar seluruh mahasiswa ANU dapat mengakses dengan mudah. Pengumpulan tugas-tugas kampus dilakukan dengan cara match and catch screening, hal ini dilakukan untuk mencegah adanya tindakan plagiarisme. Tidak heran, berdasarkan survei QS World Ranking , Pada tahun 2015 ANU berada di posisi 12 dunia untuk fakultas Arts and Social Sciences.

Arya cukup menikmati lingkungan Canberra, kota ini sangat aman dan nyaman bagi para mahasiswa, Penerima beasiswa LPDP ini merasa bahwa keadaan di Canberra sangat kondusif untuk para mahasiswa yang membutuhkan konsentrasi tinggi dalam belajar. Selain itu keramahan penduduk Canberra juga menjadi salah satu alasan mengapa ia menyukai tempat ini.

Proses untuk diterima oleh ANU dan akhirnya mendapatkan beasiswa LPDP pun juga tidak semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan usaha yang cukup keras, terutama dalam memenuhi syarat IELTS atau bahasa Inggris. Arya berpesan kepada calon mahasiswa, agar benar-benar mempersiapkan ujian IELTS dengan sebaik mungkin agar dapat diterima di universitas pilihan, terutama apabila universitas tersebut memiliki syarat akademis dan bahasa yang cukup tinggi.

http://asiapacific.anu.edu.au/news-events/all-stories/indonesian-cabinet-stacked-anu-talent

https://id.wikipedia.org/wiki/Burhanuddin_Muhtadi
OUR PARTNERS
Central Equity
Uni Bridge
CIMB NIAGA
QANTAS
UniNetwork International
British Council Indonesia Foundation
Education USA
Canadian Education International
Study in Australia
Study in Australia
New Zealand Education
Nuffic Nesso Indonesia