banner
Event >
register
News > ANU College of Asia and the Pacific

ANU College of Asia and the Pacific

Selain memiliki College of Arts and Social Sciences,  ANU juga memiliki fakultas yang cukup populer bagi  mahasiswa lokal dan internasional, yaitu College of Asia and the Pacific. Setiap tahunnya fakutas ini menerima ratusan mahasiswa baik di tingkat sarjana ataupun pasca sarjana. Tokoh-tokoh ternama di bidang pemerintahan dan politik pun tercatat pernah menuntut ilmu di fakultas ini. Sebut saja Kevin Rudd,  mantan Perdana Menteri Australia, yang mendapatkan gelar Bachelor of Arts (Honors) Asian Studies pada tahun 1981. Dari Indonesia ada nama Marty Natalegawa, yang pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Beliau memperoleh gela PhD di bidang International Relations, pada tahun 1994.

Asia Pasifik memang merupakan kawasan yang sangat vital dalam perkembangan sosial, politik dan ekonomi dunia. Menurut Bank Dunia (World Bank) hampir dua perlima dari pertumbuhan ekonomi global berasal dari kawasan Asia Pasifik.  Namun, permasalahan yang dihadapi oleh dunia sekarang ini  adalah, kurangnya para ahli dan professional di bidang terkait.

Di ANU, College of Asia and The Pacific, mahasiswa diarahkan menjadi spesialis di bidang yang mereka kehendaki,  ketika mereka masih menjadi mahasiswa sarjana (Undergraduate).  ANU tidak hanya menawarkan jurusan Bahasa-bahasa di Asia Pasifik namun juga menjadi konsentrasi bagi para researcher Asia Pasifik di luar Asia.

Jurusan yang ditawarkan oleh College of Asia and the Pacific di tingkat sarjana di antaranya : Asian Studies, International Security, International Business, Asian & Pacific Languages, dan Pacific Studies.
Sementara itu fakultas ini juga memiliki jurusan di bidang pasca sarjana. Program-program pascasarjana yang ditawarkan oleh ANU meliputi 12 disiplin ilmu yang berfokus pada Asia Pasifik dan perannya bagi Australia dan dunia. Jurusan-jurusan tersebut antara lain : Asia Pacific Studies, Diplomacy, Economics,Environment & Development, International Relations, National Security Policy, Policy and Governance, Strategic Studies, Anthropology and Development, Archeological Sciences, Linguistic, and Translation.

ANU membuka kesempatan seluas-luasnya bagi para mahasiswa pasca sarjana untuk melanjutkan ke program Doctor of Philosophy (PhD) dan Master of Philosophy (Mphil). Ada sekitar 400 mahasiswa doktoral yang sekarang sedang menyelesaikan tiga sampai empat tahun masa studinya. Para mahasiswa nantinya diharuskan menuangkan penelitiannya ke dalam thesis . Semua mahasiswa Mphil dan PhD akan dibimbing langsung oleh academic supervisor dan Panel of Advisors terbaik dari ANU. Fakultas ini memiliki pilihan disiplin ilmu yang cukup beragam, mulai dari humanities dan Social Sciences.
OUR PARTNERS
Central Equity
Uni Bridge
CIMB NIAGA
QANTAS
UniNetwork International
British Council Indonesia Foundation
Education USA
Canadian Education International
Study in Australia
Study in Australia
New Zealand Education
Nuffic Nesso Indonesia